Kamis, 18 Juni 2015

All About EXO (Debut – sekarang) versi lama


All About EXO (Debut – sekarang) versi lama


Entah kenapa aku buat tulisan ini. Aku pengen aja ngebahas Exo kali ini. Ini tentang pendapat aku tentang Exo. Sebagai yang suka dan ngefans sama Exo aku bangga banget bisa tahu tentang Exo meskipun aku nganggep kalo diriku ini bukan termasuk salah satu anggota fandomnya Exo, Exo L meskipun aku juga daftar di akunnya tapi sekarang jarang kubuka. Aku nganggep kalo diriku ini sebenernya suka sama grup apapun di Korea sana kalo emang itu bagus.
Oke balik ke awal tujuanku. Aku cuman mau ngungkapin apa yang ada di otakku tentang mereka. Aku sebagai fans biasa bangga banget sama Exo apalagi mereka dapet 4 penghargaan sekaligus di Mama 2014 baru-baru ini. Mereka meski lagi ada badai, tetapi tetep strong. Kuat menghadapi masalah tersebut. Dan ini patut diapresiasi dengan penghargaan yang udah mereka dapet selama ini.
Aku bakalan ngupas satu-satu tentang Exo dari debut sampe sekarang.
Tahun 2012 (Debutnya Exo dan Mini Album Mama)
Kenapa dimulai dari tahun 2012? Ini karena Exo debut di tahun tersebut setelah 23 teaser yang dikeluarin sama SM Entertaiment. Exo sebelum debut bikin prolog song dulu yang judulnya What Is Love sama History. Selanjutnya mereka ngadain showcase pertama mereka untuk perkenalan. Seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka debut dengan single Mama yang juga mini albumnya berjudul sama dengan style luar angkasa.
Mereka sangat diantisipasi oleh publik. Lagu Mama sangat laris. Bahkan viewers di Youtubenya juga banyak. Mereka menurutku bukan lagi sebagai rookies, tapi kayak udah mampu bersaing dengan boygroup Korea yang lain. Oke, mereka emang Newbie tapi soal penampilan di publik mereka buka Newbie. Dengan single Mama mereka bisa nempatin diri di Chart-chart musik Korea maupun China. Mereka dapet apresiasi dengan berbagai penghargaan di tahun tersebut.

 
Tahun 2013 (Wolf, Growl, Miracles in December, Showtime)
Aku rasa di tahun 2013 merupakan tahunnya Exo banget. Mereka makin dikenal publik. Mereka, Exo K dan Exo M promote lagu enggak sendiri-sendiri kayak tahun lalu tapi jadi satu sebagai Exo. Nama Exo semakin bersinar apalagi dengan keluarnya First Album mereka yang judulnya XOXO dengan single pemimpin Wolf. Kalau di tahun 2012 style mereka adalah luar angkasa, kalau di era Wolf style pakaian mereka adalah Hip Hop. Coba deh liat Mv Wolf, pakaian mereka kelihatan banget kalau itu Hip Hop.
Dengan Wolf, mereka semakin diantisipasi oleh publik. Fans mereka semakin banyak. Dengan itu, penghargaan yang mereka raih juga semakin banyak. Dan ini juga nunjukin kalo Exo bukan sekedar boygroup yang cuman modal tampang doang. Suara mereka juga bagus. Baekhyun, Chen, D.O, dan Luhan merupakan main vokal di Exo dan suara mereka benar-benar baik. Coba deh dengerin lagu Baby Don’t Cry, disana vokal mereka memang bagus atau kalian bisa dengerin lagu What Is Love di Mini Album pertama mereka. Itu sangat diekspos banget suara mereka berempat.
Setelah Wolf, mereka menyenangkan fans mereka lagi dengan dirilisnya album repackage mereka dengan single pemimpin Growl. Dengan Growl Exo semakin bersinar. Lagu Growl ini sepertinya enggak ada matinya. Lagu ini berhasil banget ngeduduki berbagai chart musik di Korea, China, bahkan Indonesia pasti juga termasuk. Lagu ini juga bisa masuk di Amerika dan bagian Eropa. Lagu ini membawa Exo semakin mendapatkan banyak award. Dancenya juga keren. Aku seneng banget kalo lihat dance growl, feelnya kerasa banget. Penjualan album ini memecahkan rekor penjualan album terbanyak. Album ini bisa terjual sampe 1 juta copy. Selain itu, di Mama 2013 album ini juga dinobatkan sebagai Album Of The Year. Aku bangga banget sebagai fans Exo. Eureorong~.
Setelah mengrowl fansnya, Exo kembali dengan lagu-lagu bertema natal yang lebut. Miracles in December, keajaiban di bulan December. Mereka semakin dicintai oleh fansnya. Mereka emang keren, bangga deh sama mereka. Disini, suara para main vokal Exo, Baekhyun, Chen, D.O, dan Luhan diekspos banget di lagu Miracle in December. Lagu ini adalah lagu favoritku di album ini. Lagunya slow dan feelnya kerasa banget di hati. Setelah itu lagu My Turn to Cry. Entah kenapa aku suka sama lagu ini. Beatnya ngefeel banget jadi aku suka. Habis itu baru Christmas Day sama The First Snow. Semakin kesini, aku makin suka sama Exo. Mereka keren, suaranya bagus, visualnya juga ganteng-ganteng. Exo saranghae~.
Pesona Exo banyak mencuri perhatian publik. Akhirnya keluarlah variety show pertama Exo yang judulnya “Exo’s Showtime”. Di acara ini dikupas apa aja yang Exo lakuin, apa yang fans minta dari Exo, dan semua kegiatannya disorot disini. Variety itu emang nunjukin banget kalo member Exo itu enggak jaim-jaim. Inget pas episode 11? Baekhyun tanpa canggung nyapa orang-orang yang ada di toko yang ia kunjungi sampe ia juga ngambil sebuah hadiah dari fans dan baca itu waktu di lift. Ininih yang aku suka dari artis Kpop. Mereka enggak jaim sama fansnya. Makin suka deh sama Exo.
Tahun 2014 (Overdose, Exo L, Exo scandal, Exo Lost Planet, and Mama 2014)
Tahun 2014 ini Exo juga semakin bersinar. Exo balik lagi dengan Mini Album kedua mereka yaitu Overdose. Lagu ini feelnya kearah Exo yang semakin manly ato ssangnamjanya kelihatan banget beda dengan era Growl yang konsepnya anak sekolahan. Overdose ini setingkat lebih tinggi daripada Growl. Kenapa bisa? Ini dikarenakan teknologi yang digunain semakin canggih. Kalau dulu pake One Take Version tapi kameranya biasa kalo ini tambah modern. Di Overdose ini masih sama pake One Take Version tapi kamera 360 derajat yang dipakai. Jadi Overdose ini sangat modern jika dibandingkan sama Growl.
Untuk mini album kedua mereka, Exo ngelakuin showcase lagi. Ini disiarin lewat Samsung Music dan disinilah lagu Overdose dan Mvnya diungkap. Aku punya videonya dan setelah aku nonton itu untuk pertama kali aku rasa Overdose ini juga akan sukses besar. Dan terbukti, mereka juga dapet penghargaan yang banyak untuk album ini.
Tahun ini juga merupakan tahun yang menyenangkan bagi fans Exo. Akhirnya nama fansclub Exo diumumkan. EXO L namanya. Kenapa harus L? Aku dulu mikir kalau itu L Infinite, astaga kenapa kok bisa jadi Infinite. Terus kalian juga tahu kalau salah satu dance Apink ada yang bikin tanda L? Nah aku juga mikir kesitu apalagi pas Kris sama Sehun juga nglakuin itu. Kayak semacam kode-kodean kan mereka. Tetapi bukan itu arti L bagi Exo. L adalah Love, jadi Exo L adalah Exo Love. Orang-orang yang memberikan segenap cinta bagi Exo. Selain itu L diantara huruf K dan M jadi itu mewakili Exo. Exo enggak hanya Exo K dan Exo M tetapi juga Exo L. Exo K+L+M are One.
Entah ada apa dengan tahun 2014 buat Exo apalagi SM Entertaiment. Secara mengejutkan Kris mundur dari Exo. Aku yang seneng Exo comeback lagi kaget. Enggak nyangka kalau Kris tiba-tiba mundur secepat ini. Oh man, ini baru 2 tahun dan ini apa sebenarnya? Aku terlalu bingung untuk menerima ini. Kalau enggak salah ini karena Kris nganggep dirinya hanya sebagai pajangan aja di Exo dan hasil usahanya itu enggak sebanding dengan kerja keras Kris. Berita segera tershare dengan cepat. Para fans Exo berduka. Enggak ada yang percaya jika Kris melakukan ini. Tetapi ini yang terjadi.
Selanjutnya adalah kabar Baekhyun yang pacaran dengan Taeyeon SNSD. Ini mengejutkan publik kembali. Foto-foto yang beredar sudah menjadi bukti jika mereka memang pacaran. Fans mulai marah. Mereka benar-benar tak habis pikir dengan kabar ini. Bisa-bisanya dia pacaran padahal Exo baru dua tahun, pikir fans. Tapi menurutku itu haknya Baekhyun sih dia pengen pacaran ato enggak. Tapi seiring berjalannya waktu kabar yang muncul akhir-akhir ini adalah kabar Baekhyun-Taeyeon putus. Tapi enggak tau juga sih. Tapi menurutku mereka emang putus. Menghabiskan following di Instagram mereka itu kelihatan banget. Cuman bisa bilang, semangat aja buat mereka berdua.
Terlepas dari kabar-kabar tersebut, akhirnya Exo menggelar konser pertama mereka. The Lost Planet, konser pertama mereka sendiri. Exo dengan 11 member mencoba memberikan yang terbaik untuk Exo L. Aku paling terkesan dengan konser Exo yang ada di Indonesia. Itu merupakan panggung Outdoor pertama yang aku tahu dari artis SM Entertaiment. Waktu itu sempet hujan, tapi Exo dengan semangat menghibur Exo L yang udah bela-belain nonton mereka. Meski aku cuman nonton lewat TV tapi feelnya itu kerasa banget. Kayak nonton langsung dan dapet tempat yang VVIP. Ya gimana lagi, ngeshootnya kan deket tuh jadi ngerasa lebih deket jadinya apa lagi ditambah wawancaranya juga sama beberapa member Exo.
Sepertinya konser Exo di Beijing merupakan konser Exo tersedih bagiku. Kenapa? Ini karena Luhan, salah satu member Exo favoritku ikut jejak Kris untuk keluar dari Exo. Ini kasusnya beda dari Kris. Kalo Kris enggak ada apa-apa langsung keluar tapi kalo Luhan dengan suatu proses yang panjang. Pertama, dia absen di konser Exo di Thailand. Ia mengatakan kalau dia sedang sakit saat itu. Kedua, Luhan bela-belain dirinya buat ikutan konser TLP di Beijing, tanah kelahiran Luhan. Aku rasa, saat itu dia pengen pamitan sama Exo L kalau dia enggak akan ada di Exo lagi. Gue sedih dia ngundurin diri. Setelah Kris sekarang Luhan. Aku tahu info itu di hari yang sama, 10 Oktober tapi sekitaran jam 3 sore. Aku enggak bisa ngapa-ngapain lagi. Akhirnya malemnya aku muter lagu-lagu yang galau abis. Ini ngegambarin perasaanku pada Exo, Luhan, apalagi SM Entertaiment yang emang di tahun 2014 ini udah ada 16 kabar yang keluar dan itu emang mengejutkan banget. Aku coba ikhlasin Luhan pergi dari Exo dan Kris juga. Semoga mereka semua sukses.
Tiba-tiba aja udah bulan desember. Exo enggak comeback lagi di tahun ini. Aku rasa ini juga hal wajar karena mereka tinggal 10 orang dan itu emang butuh kerja keras banget buat bisa comeback lagi. Mama 2014 is in the air. Dari bulan November, semua fans group Kpop mulai vote artis Kpop kesukaannya masing-masing. Disini Exo masuk 5 kategori kalo enggak salah. Best Male Group, Best Dance Performance, Artist Of The Year, Song Of The Year, sama Album Of The Year. Di Mama 2014 ini Exo dapet 4 penghargaan. Best Male Group, Artist of The Year, Album Of The Year sama Best Asian Style. Yang Best Asian Style ini kalo enggak salah langsung waktu di red carpet.
Di Mama 2014 ini juga Exo ngomong kalo sedang ngerjain project buat comeback tahun 2015 nanti bahkan ada VCRnya juga. Aku lihatnya itu keren banget. Ada labirin dengan 10 bola diluar dan 2 bola didalamnya. Ada juga pilar dengan bola jumlahnya 23. Ini aku yag emang enggak ngefeel ato apa enggak paham langsung cari di facebook dan ketemu. Salah satu fans ngerasa kalau Luhan sama Kris bakal balik lagi ke group. Ini sih karena di dalem labirinnya ada 2 bola. Aku rasa kalo Luhan ato Kris enggak balik lagi ke group pasti ada 2 member baru dong apa mereka Cuma comeback dengan 10 orang aja karena 2 bolanya masih diluar. Terus buat 23 bola itu apa bener kalo Exo bakal comeback tanggal 23 Januari? Karena di VCRnya ada 1 pilar dengan 23 bola. Terus juga ada video yang nunjukin rubik disana. Apa itu artinya emang Luhan bakal balik lagi? Aku harap sih iya. Pasti semua Exo L sekarang juga berharap yang sama kayak aku.
Sekarang penampilan Exo waktu di Mama 2014. Mereka ngebawain lagu Black Pearl, Tell Me What Is Love, sama Overdose (ini harus malah). Kai juga sempet dance sendirian dengan lagu Deep Breath. Waktu lagu Black Pearl, mereka berada di kotak-kotak yang ada penghalangnya. Mungkin itu kertas kali ya soalnya emang agak enggak kelihatan tuh kertas ato apa. Terus di Tell Me What Is Love mereka dance dan main vokal (Baekhyun, Chen, D.O) nyanyi dengan apiknya. Latarnya ada dancer yang kaya akrobatik gitu yang di tali-tali itu.
Terus partnya Kai. Dia seksi banget menurutku waktu dance sendirian itu. Dia emang jago deh soal dance. Hebat banget. Terus tiba-tiba member Exo K lainnya muncul lewat bawah. Udah siap dengan pose Overdose, dengan Baekhyun ada di atasnya D.O. Exo performance dimulai lagi. Udah lama banget enggak lihat perform Overdose. Aku hampir aja teriak kenceng tapi langsung inget kalo waktu itu malem udah jam 12 lewat lagi. Maklum aku lihatnya di TV sih. Kalo teriak bisa-bisa TV mati deh. Nah dan waktu partnya Exo M, D.O yang ngegantiin partnya Luhan. Perform mereka sempurnalah sudah. Aku seneng banget ngelihat mereka enjoy banget di Mama 2014 seperti enggak ada beban sama sekali. Exo banyak ke shoot disini. Dari Baekhyun, Suho, Chanyeol, Chen, Lay, sama Sehun. Yang lainnya ke shoot pas nerima penghargaan.
Yah cuman segitu yang bisa aku tulis. Ini adalah pendapat aku juga. Sebagai fans Exo aku seneng dan bangga bisa punya Idol sekeren Exo. Exo bukan hanya modal tampang doang, tapi mereka emang punya kualitas yang keren dan diatas rata-rata. Disini aku selalu dukung Exo. Exo Fighting~ We Are One~ Exo Saranghaja~! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar